Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
Vol 5, No 2: November 2021

Pengembangan Lembar Kerja Siswa SMP Berbasis Filsafat Matematika pada Materi Bangun Ruang Kerucut

Muhammad Nabil Arifin (Universitas Sriwijaya)
Dinda Syabillah (Unknown)
Elfisyah Isnaini Raizon (Unknown)
Yunita Prasetyawati (Unknown)
Eka Wahyuni Nur’rohim (Unknown)
Somakim Somakim (Unknown)
Meryansumayeka Meryansumayeka (Unknown)
Zuli Nuraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Pentingnya pembelajaran materi kerucut ini dikarenakan banyak benda-benda yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut. Dalam proses pembelajarannya dibutuhkan LKS sebagai media yang membantu pembelajaran. Sehingga dibutuhkan pemahaman siswa mengenai materi kerucut tersebut. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk menunjukkan proses pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dan memahami kualitas LKS yang dihasilkan pada materi bangun ruang kerucut di SMP.Metode pengembangan LKS yaitu pengembangan dengan model tessmer yaitu, perliminary, prototype (self review, expert review, one to one, small group, dan field test). LKS ini juga menggunakan tiga aspek utama filsafat sebagai komponen utama dalam pembagian setiap aktivitas yaitu ontologi, epistimologi, dan aksiologi. Adapun jenis data yang diambil data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah LKS yang valid dan praktis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini ...