AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 10, No 4 (2021)

TEORI BEBAN KOGNITIF: PETA KOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATEMATIKA SEKOLAH

Barep Yohanes (Universitas PGRI Banyuwangi)
Feby Indriana Yusuf (Universitas PGRI Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Beban Kognitif dalam Pemecahan Masalah melalui peta kognitif pada mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan memberikan permasalahan matematika kepada mahasiswa dan kemudian hasil kerja dianalisis berdasarkan pengetahuan, masalah, prosedur, dan konsep (peta kognitif) dalam pemecahan masalah berdasarkan beban kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam peta kognitif mahasiswa dalam pemecahan masalah dapat terlihat adanya beban kognitif yang muncul. Peta kognitif yang interkoneksi antara pengetahuan, masalah, prosedur, dan konsep memiliki beban kognitif baik itu beban kognitif intrinsic maupun germane. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa  Pemecahan Masalah selalu melibatkan kemampuan kognitif (Beban Kognitif) yang dapat ditelusuri atau dilihat dari peta kognitif peserta didik. Didalam peta kognitif terdapat beban kognitif yang mengarah untuk dapat memecahkan masalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...