Gema Pendidikan
Vol 29, No 1 (2022): Januari, Gema Pendidikan

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI

NOVIA SRI ARDANI (SLAMET RIYADI UNIVERSITY)
Sarafuddin Sarafuddin (SLAMET RIYADI UNIVERSITY)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

 Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode demonstrasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI SDN Mojosongo III Surakarta, yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki empat komponen yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode demonstrasi terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Mojosongo III Surakarta. Hal itu dibuktikan dari hasil tes evaluasi pada pra tindakan, peserta didik yang mencapai KKM hanya 20 %. Sedangkan rata- rata nilainya yakni 58,83. Setelah tindakan siklus I, peserta didik yang mampu mencapai KKM meningkat menjadi 63,33 %. Dengan rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 71,67. Sedangkan setelah tindakan siklus II mengalami peningkatan yaitu peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 93,33 %. Rata-ratanya nilai hasil belajar IPA pada siklus II meningkat menjadi 86,67. Dari 30 peserta didik, 28 peserta didik mencapai ketuntasan dan 2 peserta didik belum tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...