Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode demonstrasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI SDN Mojosongo III Surakarta, yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki empat komponen yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode demonstrasi terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Mojosongo III Surakarta. Hal itu dibuktikan dari hasil tes evaluasi pada pra tindakan, peserta didik yang mencapai KKM hanya 20 %. Sedangkan rata- rata nilainya yakni 58,83. Setelah tindakan siklus I, peserta didik yang mampu mencapai KKM meningkat menjadi 63,33 %. Dengan rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 71,67. Sedangkan setelah tindakan siklus II mengalami peningkatan yaitu peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 93,33 %. Rata-ratanya nilai hasil belajar IPA pada siklus II meningkat menjadi 86,67. Dari 30 peserta didik, 28 peserta didik mencapai ketuntasan dan 2 peserta didik belum tuntas.
Copyrights © 2022