Gema Pendidikan
Vol 29, No 1 (2022): Januari, Gema Pendidikan

SYSTEMATIC REVIEW MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Febiola Dhea Fajar Putri Sekarsari (Universitas Slamet Riyadi Surakarta)
Anggit Grahito Wicaksono (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada Sekolah Dasar. Metode penelitian yang dipergunakan ialah tinjauan sistematis hasil penelitian yang tersedia pada portal Publish or Perish menggunakan menganalisis penelitian kualitatif dari masing-masing. dari hasil pencarian ilmiah publikasi, 25 artikel ilmiah diperoleh yang disaring dengan inklusi dan kriteria eksklusi diperoleh lima artikel. hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) model pembelajaran discovery learning mempunyai dampak positif serta signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada Sekolah Dasar. (2) penerapan model pembelajaran Discovery Learning khususnya di pembelajaran Matematika bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik sebab model pembelajaran Discovery Learning mempunyai korelasi yang sangat kuat dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian tinjauan sistematis ini mempunyai implikasi pada pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran Discovery Learning untuk mengembangkan inovasi model-model pembelajaran terkait pemberdayaan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mencakup berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan duduk perkara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...