Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Insecta Book yang layak digunakan pada materi Insekta di SMA. Jenis penelitian merupakan Research and Development dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari tujuh tahapan. Subjek penelitian adalah validator media dan validator materi, guru mata pelajaran Biologi dan peserta didik di SMA Negeri 1 Lawa. Instumen penelitian berupa lembar isian dengan skala Thurstone yang digunakan untuk menilai kevalidan Insecta Book, dan skala Likert digunakan untuk menilai kepraktisan dan keefektivan Insecta Book. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai validasi desain media Insecta Book oleh ahli media diperoleh rerata 91,99% (kriteria sangat valid), dan validasi materi Insecta Book o diperoleh rerata 86,97% (kriteria sangat valid). Hasil tanggapan desain media Insecta Book oleh guru dan peserta didik berturut-turut diperoleh rerata 82,24% (kriteria sangat sesuai) dan 90,10% (kriteria sangat sesuai), hasil tanggapan materi Insecta Book oleh guru dan peserta didik berturut-turut diperoleh rerata 81,40% (kategori sangat sesuai) dan 90,24% (kriteria sangat sesuai). Kriteria tersebut menggambarkan bahwa Insecta Book layak digunakan sebagai sumber belajar di SMA.
Copyrights © 2022