Gema Pendidikan
Vol 29, No 1 (2022): Januari, Gema Pendidikan

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 DI JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

M Sirih (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo)
Lili Darlian (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo)
Suarna Samai (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo)
Kasman Arifin (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo)
Asmawati Munir (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daringselama masa pandemi covid 19 di Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO. Metode dalampenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatif.Populasipenelitianiniadalah seluruh mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO mulai angkatan2017-2020 yang aktif tahun akademik 2020.1sebanyak 287 orang. Pengambilan sampeldiambil 40% dari populasi, sehingga jumlah sampel sebanyak 113 orang. Penentuan sampel yang terpilih dilakukansecararandom sampling. Data  dalam penelitian ini adalah data primerdengan menggunakan kuisioner sebagai alat untuk mengumpulkandata. Penelitian ini menggunakan kuisioner online dengan google form untuk disebarkepada responden sehingga pada masa pandemi COVID-19 ini responden dapat mengisikuisionerdaritempattinggalnyamasing-masing.Kuisionerterdiridaribeberapapertanyaan tertutup dengan menggunakan skala Likert. Kuisioner yang dibuat melihatdariaspekproses pembelajaran,aspeksaranaprasarana, dan efisiensiwaktupembelajaran. Teknik analisis data yangdigunakan analisis deskriptif dengan menghitung presentase tanggapan respondenterhadappelaksanaanpembelajarandaringpada masapandemi covid19. Tanggapan responden terhadap pelaksanaan proses pembelajaran daring 54,5% kategori baik, 23,7% menyatakan sedang dan 21,8% menyatakan kurang baik. Tanggapan responden terhadap sarana dan prasarana pembelajaran dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring  55,3%  kategori baik, 26,1% menyatakan sedang dan 18,6% menyatakan kurang baik. Tanggapan responden terhadap efisiensi waktu dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring selama masa pandemi covid 19 menyatakan bahwa 73,6%  kategori baik, 16% menyatakan sedang dan 10,4% menyatakan kurang baik. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...