Gema Pendidikan
Vol 29, No 1 (2022): Januari, Gema Pendidikan

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE EJA DENGAN MEDIA EJAKU (EJA AKU)

UMMI ARIFAH DARMAWANTI (SLAMET RIYADI UNIVERSITY)
SARAFUDDIN SARAFUDDIN (SLAMET RIYADI UNIVERSITY)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

 Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan metode eja melalui media pembelajaran EJAKU (eja aku) pada siswa kelas 1 SD Negeri Mojosongo III Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) evaluasi atau refleksi. Hasil penelitian di ukur dari hasil tes keterampilan membaca siswa. Hasil yang di dapatkan dari siklus I di observasi dan di analisis kemudian di evaluasi, nilai yang dapat digunakan sebagai perbaikan siklus II. Setelah diperoleh hasil dari siklus ke II maka hasil tes di setiap siklusya dapat dibandingkan dari kondisi awal sampai siklus II. Melalui penelitian ini didapatkan hasil ketuntasan klasikal kondisi awal sebesar 60%, pada siklus I sebesar 74%, dan pada siklus II sebesar 92.5%. Rata-rata keterampilan membaca siswa pada kondisi awal sebesar 65.6, siklus I sebesar 66.89, siklus II sebesar 84.5. Batas tuntas yaitu 70, persentase siswa mencapai batas KKM sebanyak 80%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...