Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan metode eja melalui media pembelajaran EJAKU (eja aku) pada siswa kelas 1 SD Negeri Mojosongo III Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) evaluasi atau refleksi. Hasil penelitian di ukur dari hasil tes keterampilan membaca siswa. Hasil yang di dapatkan dari siklus I di observasi dan di analisis kemudian di evaluasi, nilai yang dapat digunakan sebagai perbaikan siklus II. Setelah diperoleh hasil dari siklus ke II maka hasil tes di setiap siklusya dapat dibandingkan dari kondisi awal sampai siklus II. Melalui penelitian ini didapatkan hasil ketuntasan klasikal kondisi awal sebesar 60%, pada siklus I sebesar 74%, dan pada siklus II sebesar 92.5%. Rata-rata keterampilan membaca siswa pada kondisi awal sebesar 65.6, siklus I sebesar 66.89, siklus II sebesar 84.5. Batas tuntas yaitu 70, persentase siswa mencapai batas KKM sebanyak 80%.
Copyrights © 2022