Gema Pendidikan
Vol 29, No 1 (2022): Januari, Gema Pendidikan

PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMAN 1 WANGI-WANGI

Murni Sabilu (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo)
Lili Darlian (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo)
Wa Ode Surianti Nur (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah dapat dikembangkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Aspek keterampilan ini belum diberdayakan secara spesifik oleh guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Wangi-wangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 1 Wangi-Wangi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan prasyarat analisis dan hipotesis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,68 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0,58. Hasil uji t menunjukkan bahwa data yang dihasilkan sesuai dengan kriteria yaitu t-hitung = 0,031 < t-tabel = 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima, artinya model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...