Keterampilan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah dapat dikembangkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Aspek keterampilan ini belum diberdayakan secara spesifik oleh guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Wangi-wangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 1 Wangi-Wangi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan prasyarat analisis dan hipotesis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,68 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0,58. Hasil uji t menunjukkan bahwa data yang dihasilkan sesuai dengan kriteria yaitu t-hitung = 0,031 < t-tabel = 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima, artinya model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan.
Copyrights © 2022