JURNAL PILAR
Vol 12, No 2 (2021): JURNAL PILAR, DESEMBER 2021

PENGGUNAAN FACEBOOK DALAM PROMOSI PRODUK BARANG JADI

Muhammad Yahya (Unknown)
Syaharullah Syaharullah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ahmad Syarif (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2022

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern mendorong perubahan baik secara langsung maupun tidak langsung. Seperti sistem perdagangan, cara bertransaksi dan sistem pemasaran. Sebagai contoh, dahulu dalam bertransaksi produk atau barang, pembeli dan penjual harus bertatap muka untuk memperoleh kesepakatan atau transaksi. Jangkauan penjual dan pembeli sangat terbatas. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan bisnis, penjualan dan pembelian produk adalah dengan menggunakan media sosial. Hal tersebut untuk memasarkan dan membeli berbagai macam produk atau barang jadi, baik dalam bentuk fisik seperti makanan, pakaian, elektronik dan lain-lain. Saat ini banyak media sosial yang bermunculan seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, line dan aplikasi lainya. Meskipun demikian, pengguna aplikasi facebook di Indonesia sampai sekarang masih banyak. Dari berbagai cara berkomunikasi yang ada, facebook adalah salah satu sistem komunikasi yang saat ini digunakan. Facebook salah satu jejaring sosial yang paling banyak digunakan olehmasyarakat Indonesia, maka tidak mengherankan apabila media Facebook dapat menjadi sebuah peluang bisnis sekaligus menjadi alat pemasaran produk yang sangat potensial sebagai toko online (online shop). Online shop merupakan toko belanja online yang sangat memudahkan pebisnis menjual barangnya, dan memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang yang dia inginkan. Adanya komunikasi bisnis yang dilakukan dalam media sosial merupakan sebuah inovasi yang turut mendukung perkembangan bisnis. Mengingat bahwa dunia telah bertransformasi menjadi serba digital..Kata kunci: Belanja Online, Facebook; Marketing Online

Copyrights © 2021