Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 10, No 2 (2021)

META ANALISIS PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Adhe Marlina Antoni (Universitas Negeri Padang)
Febryan Hidayat (Universitas Negeri Padang)
Husnul Khatimah (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk lebih berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Untuk menunjang kemampuan berpikir kritis siswa sering kali bermasalah dengan model pembelajaran yang diterapkan guru selama proses pembelajaran, untuk itu untuk menunjang kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Salah satu model pembelajaran yang dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis dengan perhitungan effcet size. Berdasarkan penelitian meta analisis yang sudah dilakukan diadaptkan bahwa materi pembelajaran yang efektif dengan model pembelajaran ini yaitu materi usaha dan energi, dengan bantuan media yang paling efektif dugunakan yaitu vidio pada tingakatan SMA kelas X.

Copyrights © 2021