Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 10 No 1 (2021): September

Prinsip Pembinaan Dan Fungsi Kepengasuhan Terhadap Santri

Damanhuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2022

Abstract

Kajian ini membahas tentang fungsi kepengasuhan dan prinsip kepengasuhan dalam melakukan pembinaan terhadap santri berdasarkan analisis semantik simbolik terhadap huruf nawasikh dan fiil nawasikh. Huruf nawasikh dan fiil nawasikh merupakan sekelompok huruf dan fiil yang terdapat dalam pembahasan ilmu nahwu. Pendekatan semantik simbolik digunakan untuk memberikan pemaknaan terhadap symbol dalam huruf dan fiil nawasikh tersebut. Tulisan ini akan menjawab rumusan bagaimana prinsip pembinaan dan fungsi kepengasuhan terhadap santri berdasarkan ilmu nahwu? Ilmu nahwu dalam kajian ini adalah bahasan huruf nawasikh dan fiil nawasikh. Tujuan utama dari kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prinsip pembinaan dan fungsi kepengasuhan terhadap santri berdasarkan analisa semantik simbolik terhadap huruf nawasikh dan fiil nawasikh. Metode yang digunakan dalam tulisan ini menggunakan teknik analisis data secara kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Data bersumber dari al-Qur’an, buku pendidikan, buku nahwu dan shorof, artikel jurnal, dan referensi yang relevan. Data yang diperoleh kemudian dikompulasi, dianalisis dan disimpulkan dengan menggunakan teknik analysis content dengan pendekatan semantik simbolik. Hasil kajian menunjukan bahwa dalam huruf nawasikh dan fiil nawasikh terdapat prinsip-prinsip pembinaan santri dan fungsi kepengasuhan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tadibi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Focus Fokus jurnal ini adalah upaya mengaktualkan pemahaman yang lebih baik tentang keilmuan Manajemen Pendidikan Islam baik lokal maupun internasional melalui publikasi artikel, laporan penelitian, dan ulasan buku. Scope Jurnal ini berisi kajian Manajemen Pendidikan yang meliputi Kepemimpinan, ...