Jurnal Tadris IPA Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2022)

Pola Argumentasi Peserta Didik Terhadap Resiko Masalah Sosiosaintifik Pada Materi Bencana Alam

Predy Siswanto (IAIN PONOROGO)
Hanin Niswatul Fauziah (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola argumentasi peserta didik terhadap resiko masalah sosiosaintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain naturalistik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur kepada peserta didik kelas IX MTs Ma’arif Klego dengan jumlah responden 8 siswa. Analisa data menggunakan model analisa Miles and Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola argumentasi peserta didik ketika dihadapkan resiko masalah sosiosaintifik terdapat 6 macam pola yaitu, pola argumentasi kehati-hatian dengan keputusan mengungsi ke tempat yang aman, pola argumentasi resiko kecil dengan keputusan mempelajari tanda-tanda gunung meletus, pola argumentasi pro dengan keputusan melakukan doa, pola argumentasi kontra dengan keputusan mengungsi ke tempat yang aman, pola argumentasi resiko relatif dengan keputusan melakukan adat istiadat dengan tanggapan sedang, dan pola argumentasi yang tidak mungkin keputusan dengan keputusan tidak menghiraukan kepercayaan daerah lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtii

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Tadris IPA Indonesia diterbitkan oleh Tadris IPA, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas guru (khususnya guru IPA), dosen, akademisi, dan praktisi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian ...