Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola argumentasi peserta didik terhadap resiko masalah sosiosaintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain naturalistik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur kepada peserta didik kelas IX MTs Ma’arif Klego dengan jumlah responden 8 siswa. Analisa data menggunakan model analisa Miles and Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola argumentasi peserta didik ketika dihadapkan resiko masalah sosiosaintifik terdapat 6 macam pola yaitu, pola argumentasi kehati-hatian dengan keputusan mengungsi ke tempat yang aman, pola argumentasi resiko kecil dengan keputusan mempelajari tanda-tanda gunung meletus, pola argumentasi pro dengan keputusan melakukan doa, pola argumentasi kontra dengan keputusan mengungsi ke tempat yang aman, pola argumentasi resiko relatif dengan keputusan melakukan adat istiadat dengan tanggapan sedang, dan pola argumentasi yang tidak mungkin keputusan dengan keputusan tidak menghiraukan kepercayaan daerah lain.
Copyrights © 2022