KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah
Vol 7, No 2 (2021): KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS VIDEO VLOG DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH

Farena Adela (Universitas PGRI Palembang)
Nur Ahyani (universitas PGRI Palembang)
Dina Sri Nindiati (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2022

Abstract

Model pembelajaran merupakan suatu struktur pembelajaran yang telah disusun, didesain, dan ditetapkan untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang diinginkan. Adapun masalah di dalam penelitian ini ialah adakah pengaruh penerapan model project based learning berbasis video vlog dalam proses pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model project based learning berbasis video vlog dalam proses pembelajaran sejarah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di UPT SMA Negeri 7 Banyuasin dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 dengan jumlah siswa 15 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 dengan jumlah siswa 15 orang sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian terbukti bahwa “ada pengaruh penerapan model project based learning berbasis video vlog dalam proses pembelajaran sejarah”. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 83 sedangkan kelas kontrol 55, sehingga di dapat thitung =12.02 danttabel =1,701. Dengan ini dapat disimpulkan thitung>ttabel sehingga Hoditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Kalpa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus tentang penelitian dalam pendidikan sejarah, bidang sejarah, sejarah lokal, sejarah nasional dan sejarah global, budaya Indonesia, kearifan lokal dan pendidikan ...