Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 9, No 2 (2021): VOLUME 9 NOMOR 2 DESEMBER 2021

Pengaruh videoscribe terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA

Rini Indayani (Universitas Jember)
Supeno Supeno (Universitas Jember)
Iwan Wicaksono (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media videoscribe terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada pembelajaran IPA untuk materi klasifikasi materi dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design menggunakan desain penelitian pretest and posttest desig. Sampel adalah kelas VII SMP Negeri 11 Jember dengan sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan media videoscribe sedangkan kelas kontrol dilakukan pembelajaran secara konvensional. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan Uji Independent Sample T-test yang telah terdistribusi normal dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media videoscribe berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi klasifikasi materi dan perubahannya. Tampilan media yang menarik berupa video, animasi, gambar, dan suara dapat menstimulus peserta didik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...