Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 6 JENEPONTO

Pertiwi, Pertiwi (Unknown)
Hasan, Nurhikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Berpikir kreatif menjadi langkah awal inovasi dan perubahan-perubahan sehingga meningkatkan kualitas dan taraf hidup manusia. Kepercayaan diri akan menyatukan motivasi dan sumber dayanya yang mendorong kemampuan berpikir kreatifnya. Sedangkan pola asuh orangtua berperan dalam pembentukan sikap terbuka dan saling menghargai yang mendukung terbentuknya pola pikir kreatif anak. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal  9 – 11 September 2021 di SMA Negeri 6 Jeneponto. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 6 Jeneponto sebanyak 163 orang. Dengan menggunakan teknik slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 116 orang dan teknik penarikan sampel berupa teknik simple random sampling.  Penelitian ini adalah penelitian ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan desain korelasi berganda. Instrumen yang digunakan adalah instrument non tes berupa kuisioner untuk mengukur kepercayaan diri dan pola asuh orangtua sedangkan instrument tes berjenis essay test digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Untuk melihat hubungan antar variabel digunakan teknik analisis korelasi sederhana dan teknik analisis korelasi ganda. Sedangkan uji asumsi digunakan analisis uji anova. Pengujian prasyarat dilakukan berupa uji normalitas dan multikoloneritas. Sehigga diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan pola asuh orangtua dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik baik secara sederhana maupun bersama.

Copyrights © 2021