GEARBOX Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol. 1 No. 2: Desember 2020

KETERLIBATAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FATEK UNIMA

Robert Munaiseche (Universitas Negeri Manado)
Davidsen Mapaliey (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2021

Abstract

Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa merupakan permasalahan utama dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap ketelibatan lingkungan keluarga dan motivasi belajar dalam meningkatkan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fatek UNIMA. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan dianalisis menggunakan deskriptif analisis data dan analisis regresi berganda. Populasi penelitian berjumlah 30 responden pada angkatan tahun 2018 dan sampel menggunakan sampel probabilitas dengan teknik simple random sampling berjumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dari indeks prestasi sementara sebagai dasar dari pretasi belajar mahasiswa. Untuk menguji hipotesis dengan teknik analisis regresi berganda sebagai analisis kuantitatif. Hipotesis penelitiannya adalah ada pengaruh variabel lingkungan keluarga, motivasi belajar terhadap indeks prestasi kumulatif dan ada pengaruh secara bersama-sama lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap indeks prestasi kumulatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gearbox

Publisher

Subject

Education Engineering Mechanical Engineering Other

Description

The scope of Jurnal Gearbox includes philosophy, learning models, learning methods, curriculum, learning, evaluation, management, and policies on vocational education. In addition, studies in global scope related to technical and vocational education and training areas which become the object of the ...