cover
Contact Name
Bastian Rikardo Parhusip
Contact Email
bastianrikardo@unima.ac.id
Phone
+6282304121380
Journal Mail Official
gearboxjurnalptm@unima.ac.id
Editorial Address
https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/gearbox/index
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
GEARBOX Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : 27747697     DOI : https://doi.org/10.53682/gj.v2i2.1303
The scope of Jurnal Gearbox includes philosophy, learning models, learning methods, curriculum, learning, evaluation, management, and policies on vocational education. In addition, studies in global scope related to technical and vocational education and training areas which become the object of the study can also be published in this journal.
Articles 75 Documents
HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SIWA KELAS X TKR DI SMK NEGERI I TOMOHON: penelitian tentang hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa SMK N. 1 Tomohon Tuwindo Jorg Nehem; Hendro Maxwell Sumual; Zuldesmi Mansjur
GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 1 No. 1: Juni 2020
Publisher : Pendidikan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.121 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran teknologi dasar otomotif di kelas X TKR SMK Negeri 1 Tomohon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, uji korelasi dan regresi. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 dan X TKR II SMK Negeri 1 Tomohon yang berjumlah 46 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Yang menjadi sampel penelitian sebanyak 46 siswa semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitiaan ini menunjukan bahwa adanya hubungan gaya belajar dengan hasil belajar khususnya gaya belajar kinestetik dilihat dari hasil uji korelasi dimana didapatkan korelasi/hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar (R) adalah 0.686 dan dari uji regresi sederhana model summary diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,470 yang mengandung pengertian bahwa ada pengaruh variabel bebas (Gaya Belajar) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar) yaitu sebesar 68,6% dan terdapat 31.4% pengaruh lain yang tidak di ketahui. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Gaya belajar (X) memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar (Y), dimana hubungan antara (X) dan (Y) sebesar 68,6% pada siswa kelas X TKR 1 dan TKR II SMK Negeri 1 Tomohon. Kata Kunci: Gaya Belajar, Gaya Belajar V-A-K dan Hasil Belajar, Teknologi Dasar Otomotif
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X TKR DI SMK KRISTEN 1 TOMOHON: DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR Putu L. A. Guna; Hendro Maxwell Sumual; Zuldesmi
GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 1 No. 1: Juni 2020
Publisher : Pendidikan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.098 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif kelas X TKR Di SMK Kristen 1 Tomohon. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kelompok pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kristen 1 Tomohon Jurusan TKR. Jumblah sampel dalam penelitian ini adalah 46 siswa, yang terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa dari kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian yang berbentuk soal objektif sebanyak 20 soal. Setelah uji persyaratan terpenuhi dimana data berdistribusi normal dan homogen, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji T. Hasil analisis data dengan taraf nyata 0,05 diperoleh Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar TDO kelas X di SMK Kristen 1 Tomohon.
HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 TOMOHON: SIKAP BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR KELISTRIKAN OTOMOTIF Owen Rumajar; Jenly D. I. Manongko
GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 1 No. 1: Juni 2020
Publisher : Pendidikan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.707 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan sikap belajar dengan hasil belajar dasar kelistrikan otomotif siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Tomohon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji hipotesis/regresi dan uji korelasi. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Tomohon yang berjumlah 20 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Yang menjadi sampel penelitian sebanyak 20 siswa semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitiaan ini menunjukan bahwa adanya hubungan sikap belajar dengan hasil belajar dilihat dari hasil uji korelasi dimana didapatkan korelasi/hubungan antara sikap belajar dengan hasil belajar (R) adalah 0,924 dan dari uji regresi sederhana model summary diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,854 yang mengandung pengertian bahwa ada pengaruh variabel bebas (Sikap Belajar) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar) yaitu sebesar 85.4% dan terdapat 14.6% pengaruh lain yang tidak di ketahui. Kesimpulan pada penelitian ini adalah sikap belajar (X) memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar (Y), dimana hubungan antara (X) dan (Y) sebesar 92.2% pada siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Tomohon.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 TOMOHON: MODEL PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN Marcelino Fransisco Mandagi; Hendro Maxwell Sumual; Jemmy Charles Kewas
GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 1 No. 1: Juni 2020
Publisher : Pendidikan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.054 KB)

Abstract

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah pengaruh model pembelajaran tutorial terhadap hasil belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Tomohon. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Yaitu metode yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa adanya hasil penelitian. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: pada kelas eksperimen diperoleh skor tes awal jumlah 1.295 dengan rata-rata 40,47 mengalami peningkatan jumlah skor tes akhir menjadi 2.570 dengan rata-rata 80,31. Nilai maksimum adalah 90 sedangkan nilai minimum 70. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh jumlah nilai sebanyak 1.220 dengan skor rata-rata 39,35, mengalami peningkatan pada postes dengan jumlah nilai 2.190 dengan rata-rata skor tes akhir 70,65. Nilai maksimum adalah 80 sedangkan nilai minimum 60. Pengujian hipotesis menggunakan uji t selisih dua rata-rata diperoleh thitung = 6,187 > t tabel = 1,697 pada taraf nyata (α) = 0,05. Karena nilai thitung = 6,187 > ttabel = 1,697 yang artinya Statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritiknya. Hal ini menunjukkan bahwa cukup bukti untuk menerima Ha dan menolak H0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Video Tutorial lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan metode konvensional pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Tomohon”
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA MESIN SEPEDA MOTOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 AIRMADIDI: PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA MESIN SEPEDA MOTOR TERHADAP Youndi Pratama Minggu; Zuldesmi Mansjur; Jemmy Charles Kewas
GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 1 No. 1: Juni 2020
Publisher : Pendidikan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.686 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Airmadidi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen.. Penentuan metode ini didasarkan data eksperimen yang dilakukan di SMK Negeri 1 Airmadidi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan alat peraga dalam pembelajaran dengan kelas yang tidak menggunakan alat peraga hal ini dilihat pada pengujian r dengan rhitung > rtabel yaitu 0,521 > 0,374. (2) Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran setelah ditransformasikan kedalam uji statistik dengan menggunakan uji-t ternyata bahwa nilai thitung dibandingkan ttabel untuk mengetahui apakah H0 diterima atau ditolak. Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,351 > 1,671 pada tarap kepercayaan 95% dengan α 0,05 dan dk 58.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGELASAN PADA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 TOMOHON Sandy Walintukan; Herdy Liow; Jenly Manongko
GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 1 No. 2: Desember 2020
Publisher : Pendidikan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.344 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh modul pembelajaran yang ada di sekolah masih terbatas atau kurang lengkap dalam segi penjelasan materi maupun jumlah modul, kurangnya jumlah modul yang tersedia di sekolah menyebabkan siswa tidak dapat belajar secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk modul pembelajaran pengelasan untuk kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Branch 2009) yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Sampel yang diambil yaitu 7 orang untuk uji kelompok kecil. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Ssiswa diberikan angket untuk melihat tanggapan mahasiswa terhadap modul pembelajaran pengelasan, pada tanggapan siswa lebih berada pada rentang 4,5 dan berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan produk modul pembelajaran pengelasan untuk kelas XI dengan kualifikasi layak untuk digunakan.
PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM TEKNIK PENGUKURAN KELAS X DI SMK NEGERI 2 BITUNG Jealdy Tulangouw; Herdy Liow; Lenie Ratag
GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 1 No. 2: Desember 2020
Publisher : Pendidikan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.481 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan praktik belum dilaksanakan secara optimal karena langkah-langkah praktikum pada modul sebelumnya masih kurang, kebutuhan sumber belajar berupa modul praktikum untuk pembelajaran teknik mengukur sesuai dengan kebutuhan sumber belajar di dalam isi silabus kelas X Teknik Permesinan di SMK Negeri 2 Bitung belum terpenuhi.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk modul praktikum alat ukur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Branch 2009) yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Sampel yang diambil yaitu 7 orang untuk uji kelompok kecil. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Ssiswa diberikan angket untuk melihat tanggapan siswa terhadap modul praktikum alat ukur, pada tanggapan siswa lebih dari 90% berpendapat bahwa modul praktikum layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan produk modul praktikum alat ukur untuk kelas X dengan kualifikasi layak untuk digunakan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN SISWA DI SMK NEGERI 1 MOTOLING Riscky Roinal Balebu; Yohanis Rampo; Hendrik Sumaraw
GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 1 No. 2: Desember 2020
Publisher : Pendidikan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.519 KB)

Abstract

Choosing the right learning model is something that the teacher needs to pay attention to to improve student learning outcomes in following the learning process in basic knowledge of mechanical engineering. This study aims to determine how activities, differences in learning outcomes and student responses after using the cooperative learning model type numbered head together (NHT). The type of research used is the pri experimental design with the pri test - post test design. The population and sample in this study were all students of class x SMK Negeri 1 Motoling, totaling 13 students. Data collection consisted of pre-test and post-test and documentation. Student learning outcomes data were analyzed using peired T test obtained tcount = 13.86 and ttable = 1.77 so that tcount ˃ ttable or 13.86 ˃ 1.77. Therefore H1 is accepted and H0 is rejected. From these results it can be concluded that the activities, learning outcomes and responses of students who apply the cooperative learning model type numbered head together (NHT) affect the results of learning basic knowledge of mechanical engineering.
ANALISIS KOMPETENSI LULUSAN MELALUI MINAT BERWIRAUSAHA DAN MOTIVASI KERJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIMA Davidsen Oktafianus Mapaliey
GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 1 No. 2: Desember 2020
Publisher : Pendidikan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.535 KB)

Abstract

Setiap lulusan mendambakan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, tidak terkecuali mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin. Kompetensi lulusan mahasiswa merupakan modal utama bagi mahasiswa dalam memperoleh pekerjaan sesuai dengan program studi yang ditempuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adalah apakah minat berwirausaha, motivasi kerja berpengaruh terhadap kompetensi lulusan pada mahasiswa? Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis seberapa besar minat berwirausaha dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kompetensi lulusan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan dokumentasi dari Indeks Prestasi Kumulatif sebagai kompetensi lulusan mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu minat berwirausaha, X1 dan motivasi kerja, X2 serta kompetensi lulusan mahasiswa, Y. Populasi penelitian berjumlah 30 responden dan sampel menggunakan sampel probabilitas dengan teknik simple random sampling berjumlah 30 responden. Hipotesis penelitian ini yaitu ada pengaruh antara minat berwirausaha, motivasi kerja terhadap kompetensi lulusan mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNIMA.
KETERLIBATAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FATEK UNIMA Robert Munaiseche; Davidsen Mapaliey
GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 1 No. 2: Desember 2020
Publisher : Pendidikan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.79 KB)

Abstract

Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa merupakan permasalahan utama dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap ketelibatan lingkungan keluarga dan motivasi belajar dalam meningkatkan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fatek UNIMA. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan dianalisis menggunakan deskriptif analisis data dan analisis regresi berganda. Populasi penelitian berjumlah 30 responden pada angkatan tahun 2018 dan sampel menggunakan sampel probabilitas dengan teknik simple random sampling berjumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dari indeks prestasi sementara sebagai dasar dari pretasi belajar mahasiswa. Untuk menguji hipotesis dengan teknik analisis regresi berganda sebagai analisis kuantitatif. Hipotesis penelitiannya adalah ada pengaruh variabel lingkungan keluarga, motivasi belajar terhadap indeks prestasi kumulatif dan ada pengaruh secara bersama-sama lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap indeks prestasi kumulatif.