Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen)
Vol 3, No 1 (2021)

Peran Guru PAK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa New Normal

Setia Wati, Hani Martha Puji (Unknown)
Triposa, Reni (Unknown)
Purba, Roida (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Motivation to learn is very important to give a series of efforts to provide space so that someone wants and wants to do something. Motivation to learn can affect student learning outcomes. Because where a low motivation value can lead to lower success in learning so that it will affect learning achievement. Using descriptive qualitative methods with a literature study approach, it can be concluded that: the teacher's job is as a guide and helper to help students to increase learning motivation. The teacher awakens the enthusiasm of students to learn by providing creative ways when teaching, so that it can attract the attention of students. the importance of Christian Religious Education teachers to advise, guide, teach and direct and provide encouragement to continue to move forward in increasing the enthusiasm for learning so as to have good learning motivation. So, the teacher needs to generate motivation in students so that they are more active in learning so that they can achieve learning success. Students who have high learning motivation are very easy to get good learning outcomes, and students will try hard with all their efforts to learn starting from Christian Religious Education subjects so that other subjects can learn with this. Therefore, learning motivation is very important in achieving the learning success of students.AbstrakMotivasi belajar sangatlah penting untuk memberikan serangkaian usaha untuk menyediakan ruang sehingga seseorang mau  dan ingin melakukan sesuatu. Motivasi belajar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sebab dimana nilai motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahkanya keberhasilan dalam belajar sehingga akan memperngaruhi prestasi belajar. Menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi pustaka dapat disimpulkan bahwa: tugas guru adalah sebagai pembimbing dan penolong untuk membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar. Guru membangkitkan semangat anak didik untuk belajar dengan memberikan cara-cara kreatifitas saat mengajar, sehingga dapat menarik perhatian peserta didik. pentingnya guru Pendidikan Agama Kristen untuk memberi nasehat, membimbing, mengajarkan dan mengarahkan serta memberikan dorongan untuk terus maju dalam meningkatkan semangat belajar agar punya motivasi belajar yang baik. Maka, Guru perlu membangkitkan motivasi dalam diri anak didik agar mereka semakin aktif belajar sehingga dapat mencapai keberhasilan belajar. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi sangat mudah memperoleh hasil belajar yang baik, dan anak didik akan berusaha keras dengan segala daya upaya mempelajari mulai dari mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen sehingga mata pelajaran yang lain boleh belajar dengan hal ini. Oleh karena itu, motivasi belajar sangat penting dalam mencapai keberhasilan belajar anak didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Veritas

Publisher

Subject

Education Other

Description

Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) diterbitkan dua kali dalam 1 tahun (Februari dan Agustus) oleh Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara. Veritas Lux Mea menerima artikel ilmiah dari dosen, mahasiswa, praktisi teologi maupun pendidikan Kristen. Jurnal ini pun telah memiliki ...