Kompetensi guru adalah gambaran pengetahuan dan pemahaman guru sebagai tenaga pendidik yang profesional. Kompetensi guru merupakan gambaran mengenai kualitas proses pembelajaran. Penguasaan kompetensi secara garis besar dipengaruhi oleh kesejahteraan ekonomi, pelatihan dan motivasi berprestasi guru dalam menjalan tugas dan kehidupan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai sudi empiris pengaruh kesejahteraan ekonomi, pelatihan dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi guru ekonomi. Ada beberapa perubahan dilakukan terutama mengenai rujukan internasional untuk memperkuat teori dan hasil penelitian ini. Subjek penelitian adalah guru ekonomi SMA se-Kota Bima berjumlah 48 orang. Instrumen penelitian ini adalah (1) kuesioner terhadap kesejahteraan ekonomi, pelatihan dan motivasi berprestasi; dan (2) soal pilihan ganda untuk mengungkap penguasaan kompetensi guru ekonomi. Kemudian data dianalisis dengan memnggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukan; (1) kesejahteraan ekonomi tergolong rendah, (2) pelatihan tergolong rendah; (3) motivasi berprestasi tergolong cukup tinggi; dan (4) kompetensi guru ekonomi tergolong cukup tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa kesejahteraan ekonomi, pelatihan dan mtovasi berprestasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kompetensi guru ekonomi, dan kesejahteraan ekonomi sebagai model terbaik dan signifikan dalam mempengaruhi kompetensi guru ekonomi. Rekomendasi penelitian ini adalah dalam rangka kebijakan pengembangan kompetensi guru paling utama yaitu meningkatkan kesejahteraan ekonomi berikut motivasi berprestasi dan pelatihan.
Copyrights © 2022