Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Dukcapil Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun informan penelitian ini sebanyak 10 orang, terdiri dari adalah 2 orang Kepala Bagian Pelayanan Umum sekaligus sebagai informan kunci, 5 orang petugas pelayanan dan 3 orang masyarakat pengguna jasa pelayanan sebagai informan pendukung. Teknik analisis data merujuk pada model interaktif data analisis dari Milles & Hubberman. Sementara uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Berdasarkan fokus penelitian dilihat dari aspek fasilitas fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), hasil penelitian menemukan: bahwa untuk aspek-aspek tersebut telah diwujudkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan telah memenuhi harapan masyarakat.
Copyrights © 2022