Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Penkomi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA BIMA

Akhyar Akhyar (STISIP Mbojo Bima)
Syarif Syarif (STISIP Mbojo Bima)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Dukcapil Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun informan penelitian ini sebanyak 10 orang, terdiri dari adalah 2 orang Kepala Bagian Pelayanan Umum sekaligus sebagai informan kunci, 5 orang petugas pelayanan dan 3 orang masyarakat pengguna jasa pelayanan sebagai informan pendukung. Teknik analisis data merujuk pada model interaktif data analisis dari Milles & Hubberman. Sementara uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Berdasarkan fokus penelitian dilihat dari aspek fasilitas fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), hasil penelitian menemukan: bahwa untuk aspek-aspek tersebut telah diwujudkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan telah memenuhi harapan masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...