Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1, Februari 2022

Representasi Budaya Lokal dalam Buku Ajar Siswa SMA

Setyawan, Eko (Unknown)
Suwandi, Sarwiji (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Pengajaran dan pembelajaran bahasa modern menerapkan teori pengajaran Content Language Integrated Learning (CLIL). Salah satu unsur yang perlu ada adalah unsur budaya.  Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan representasi budaya lokal pada buku ajar BSE  bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Teknik analisis konten terdiri dari enam langkah yakni: (1) pengumpulan data, (2) penentuan sampel, (3) pencatatan  (4) reduksi data, (5) penarikan kesimpulan, dan (6) deskripsi/analisis representasi budaya lokal dalam buku ajar. Adapun representasi budaya lokal yang terdapat dalam buku meliputi (1) bahasa, (2) sistem pengetahuan, (3) organisasi sosial, (4) sistem peralatan hidup dan teknologi, (5) sistem mata pencarian, (6) sistem religi, dan (7) kesenian. Dengan adanya representasi budaya lokal, maka buku sudah sesuai dengan model pengajaran dan pembelajaran bahasa Content Language Integrated Learning (CLIL).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...