Persoalan selama pembelajaran kerap kali terjadi. Sebagaimana yang terjadi saat pembelajaran di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, siswa kurang antusisas dan kurang bergairah. Peneliti bermaksud untuk mengatasi solusi persoalan tersebut melalui implementasi jurnal belajar. Jurnal belajar merupakan strategi pendidik untuk memantau perkembangan belajar siswa. Jenis penelitian ini deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi jurnal belajar siswa dapat memberikan solusi atas persoalan-persoalan siswa dalam pembelajaran, tingkat kesulitan materi, pelaksanaan pembelajaran yang kurang menggugah minat, serta sebagai bentuk refleksi siswa dalam mencari solusi atas masalah belajarnya. Bagi pendidik, jurnal belajar dirasa dapat menjadi bahan pijakan untuk mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan dan sebagai pijakan untuk menyusun strategi dalam pembelajaran berikutnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022