Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1, Februari 2022

Jurnal Belajar Sebagai Refleksi Siswa Sekaligus Evaluasi Guru Selama Proses Pembelajaran

Mohamad Joko Susilo (Islamic University of Indonesia)
Mohammad Hajar Dewantoro (Universitas Islam Indonesia)
Yuningsih Yuningsih (Unknown)
Muh. Azhar Burhanuddin (Universitas Muslim Indonesia)
Abdul Wahab (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Persoalan selama pembelajaran kerap kali terjadi. Sebagaimana yang terjadi saat pembelajaran di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, siswa kurang antusisas dan kurang bergairah. Peneliti bermaksud untuk mengatasi solusi persoalan tersebut melalui implementasi jurnal belajar. Jurnal belajar merupakan strategi pendidik untuk memantau perkembangan belajar siswa. Jenis penelitian ini deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi jurnal belajar siswa dapat memberikan solusi atas persoalan-persoalan siswa dalam pembelajaran, tingkat kesulitan materi, pelaksanaan pembelajaran yang kurang menggugah minat, serta sebagai bentuk refleksi siswa dalam mencari solusi atas masalah belajarnya. Bagi pendidik, jurnal belajar dirasa dapat menjadi bahan pijakan untuk mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan dan sebagai pijakan untuk menyusun strategi dalam pembelajaran berikutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...