Abstrak   Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Darus Salam, Pakuniran Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Guna mendapatkan gambaran mengenai pelaksanaan metode bercerita di RA Darus Salam, peneliti melakukan observasi dan mendokumentasikan kegiatan pembelajaran. Wawancara dilakukan kepada Kepala sekolah, guru-guru, dan 5 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cerita menggunakan tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Implikasi dari penelitian ini adalah bercerita memberikan dampak positif terhadap peningkatan berbahasa anak. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaannya, guru menggunakan pendekatan positif dengan mempertimbangkan perkembangan kognitif. Pembelajaran berlangsung dengan suasana menyenangkan dan melibatkan fungsi ingera serta dapat memuaskan keingintahuan anak.   Kata Kunci: Metode Bercerita, Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021