Al-Wijdan : Journal of Islamic Education Studies
Vol. 6 No. 2 (2021): November 2021

Belajar dengan Bercerita: Penggunaan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini, Efektifkah.? metode Pembelajaran Storytelling

Nur Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Abstrak   Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Darus Salam, Pakuniran Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Guna mendapatkan gambaran mengenai pelaksanaan metode bercerita di RA Darus Salam, peneliti melakukan observasi dan mendokumentasikan kegiatan pembelajaran. Wawancara dilakukan kepada Kepala sekolah, guru-guru, dan 5 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cerita menggunakan tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Implikasi dari penelitian ini adalah bercerita memberikan dampak positif terhadap peningkatan berbahasa anak. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaannya, guru menggunakan pendekatan positif dengan mempertimbangkan perkembangan kognitif. Pembelajaran berlangsung dengan suasana menyenangkan dan melibatkan fungsi ingera serta dapat memuaskan keingintahuan anak.   Kata Kunci: Metode Bercerita, Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alwijdan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies is a scientific journal of Islamic education that contains the results of research by experts in the field of Islamic education from various perspectives, including: Islamic Education Management Islamic Education and Peace Character building Islamic ...