Dalam rangka menigkatkan kualitas pembelajaran pada masa Pandemi, setiap guru dan calon guru harus dapat menguasai Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Penguasaan TPACK didukung oleh perkembangan IPTEK yang membawa pada era digital. Kemampuan ini sangat diperlukan oleh calon guru sekolah dasar agar senantiasa melakukan adaptasi dan pembaharuan kemampuan guna menghadapi tantangan pendidikan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tujuh komponen dalam TPACK seperti pengetahuan teknologi, pengetahuan konten, pengetahuan pedagogik, pengetahuan konten pedagogik, pengetahuan pedagogis teknologi, dan pengetahuan konten teknologi pada calon guru sekolah dasar. Teknik pengambilan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa calon guru sekolah dasar Universitas PGRI Yogyakarta sudah memiliki kemampuan TPACK yang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan pemerolehan baik pada masing-masing kriteria. Oleh karena itu, pelaksanaan PPL 2 pada masa pandemi, membuktikan bahwa calon guru sekolah dasar sudah memiliki kemampuan TPACK dan beradaptasi dengan keadaan yang ada.
Copyrights © 2021