Chemistry in Education
Vol 1 No 2 (2012): Terbit bulan Oktober 2012

Pengaruh Penerapan Metode Predict-Observe-Explain dengan Pendekatan Creative Problem Solving

Nurliana, Hapsari Rifka (Unknown)
Santoso, Nurwachid Budi (Unknown)
Siadi, Kusoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh penerapan metode probex dengan pendekatan CPS terhadap hasil belajar materi pokok hidrolisis siswa kelas XI IPA SMA 4 Magelang tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini kelas XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling menghasilkan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelompok eksperimen sebesar 82.47 sedangkan kelompok kontrol sebesar 77.53. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif sesuai dengan koefisien korelasi biserial sebesar  0,47 dan koefisien determinasi sebesar 22.09% dengan kriteria pengaruh sedang. Pengaruh terhadap aspek afektif dan psikomotorik ditunjukkan secara deskriptif melalui rata-rata nilai kelompok eksperimen yang lebih baik dari pada kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa metode probex dengan pendekatan CPS pada pencapaian kompetensi hidrolisis berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Copyrights © 2012