Abstrak Masalah yang sering muncul dalam mempelajari kimia adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep kimia sehingga siswa belajar hanya melalui hafalan tanpa mengetahui konsepnya (makna). Hal ini mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa kurang baik. Sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Pemalang materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil kelas eksperimen memiliki rata-rata 82,21 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 76,38. Berdasarkan analisis, diperoleh ketuntasan belajar klasikal pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 29 dari 33 siswa dan 21 dari 34 siswa secara berturut-turut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran PBI efektif terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Pemalang pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kata kunci: Hasil Belajar; Keefektifan; Konsep; Model Problem Based Instruction; Pemecahan Masalah Abstract Problems are often encountered in learning Science Chemist is difficulty of studets to know which is the chemist concepts, so they will just study by memorize without know the concepts (means). It can make the student achivement are not god. so it needed learning process by emphasize to problem solving. This research is aimed to determined the effectiveness of Problem Based Instruction (PBI) model’s for student achivement grade students of SMAN 1 Pemalang of material solubility and solubility product. Design that used in this research were a nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampling technique used was cluster random sampling, derived class XI IPA 4 as the experimental class and class XI IPA 2 as the control class. The results of the study, obtained results of the experimental group had an average of 82.21 and a control group had an average of 76.38. Results showed mastery of classical learning in the experimental class and control class is 29from 33 students and 21 from 34 students respectively. The Results of data analysis showed that PBI learning model’s effective with student achivement class XI of SMAN 1 Pemalang of the material solubilty and solubility product. Keywords: Concepts; Effectiveness; Problem Based Instruction Model’s; Problem Solving; Student achievement
Copyrights © 2014