Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

Pengembangan media pembelajaran lectora inspire untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial

Susi Astriani (Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Indri Astuti (Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Aloysius Mering (Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran lectora inspire. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RD) dan dikembangkan menggunakan model dick and carey menjadi 3 tahapan yaitu tahap pra pengembangan, pengembangan produk dan uji coba revisi dan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data setelah produk divalidasi oleh validator, produk akhir yang dihasilkan telah memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata dari ahli media sebesar 3,78, ahli materi sebesar 3,78, dan ahli desain pembelajaran rata-rata diperoleh 3,69 dengan kriteria sangat valid. Hasil respon peserta didik peserta didik untuk uji coba kelompok perorangan sebesar 89,3%, untuk uji coba kelompok sedang sebesar 92,56% dan tanggapan pendidik untuk uji coba lapangan sebesar 96,53%. Dengan demikian, media pembelajaran lectora inspire yang dikembangkan sudah cukup valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS. 

Copyrights © 2021