Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 2, No 1 (2022): Februari

MENGEMBANGKAN AKTIVITAS DAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DALAM MEMBUAT GARIS SESUAI POLA MELALUI MODEL COKLAT DI TK ABA 1 PAGATAN

Nurillah Ramadina (ULM)
Celia Cinantya (ULM)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2022

Abstract

AbstrakPermasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan kemampuan motorik halus anak, hal ini disebabkan karena anak kurang terstimulasi dengan pembelajaran yang monoton dan rendahnya aktivitas belajar anak. Upaya pemecahan masalah ini yaitu dengan menggunakan model COKLAT (Direct Instruction dengan kegiatan mencocoK poLa mediA kerTas gambar). Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak, dan menganalisis hasil perkembangan anak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Pagatan sebanyak 6 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan cross table dan interprestasi menggunakan presentase dan kriteria. Hasil temuan menunjukkan aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik pada pertemuan 4. Aktivitas klasikal anak mencapai 100% dengan kriteria sangat aktif pada pertemuan 4. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal mencapai 100% dengan interprestasi BSB (berkembang sangat baik) pada pertemuan 4. Disarankan penggunaan model COKLAT sebagai referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan aspek motorik halus lebih baik.Kata Kunci: Direct Instruction, menarik garis, mencocok pola.    AbstractThe problem in this study is the low activity and fine motor skills of children, this is because children are less stimulated by monotonous learning and low learning activities of children. Efforts to solve this problem are by using the COKLAT model (Direct Instruction with matching activities for drawing paper media patterns). The purpose of this research is to describe teacher activities, analyze children's activities, and analyze the results of child development. The approach used is a qualitative and quantitative approach with the type of Classroom Action Research (CAR). The research subjects were group A of TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Pagatan with 6 children. The instruments used are observation sheets of teacher activities, children's activities, and developmental results. While the data analysis used descriptive analysis and cross table and interpretation used percentages and criteria. The findings showed that the teacher's activity reached very good criteria at meeting 4. Children's classical activities reached 100% with very active criteria at meeting 4. And the results of classical child development reached 100% with BSB interpretation (very well developed) at meeting 4. It is recommended to use the COKLAT model as an effective learning reference in order to realize better results of the development of fine motor aspects.Keywords: Direct Instruction, draw a line, match the pattern.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...