Penelitian ini merupakan penelitian pada pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di Sekolah Dasar Bumiayu, fokus penelitian hanya pada pembelajaran jarak jauh yang berfokus pula pada pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana anak memperoleh materi SBdP selama pademi covid 19 dan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan anak memahami pelajaran SBdP selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan penelitian deskritif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa sekolah dasar dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh pada pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Metode yang digunakan yaitu metode deskritif. Dalam hal ini akan dikaji serta mendeskripsikan hasil observasi di lapangan terhadap siswa sekolah dasar kelas 3 dan 4 di wilayah Bumiayu Kabupaten Brebes pada pelajaran Seni Budaya dan Prakarya saat pembelajaran jarak jauh. Teknik pengumpulan data dan instrumen melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan dalam penelitian menggunakan tiga tahapan yaitu pra-lapangan, pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil capaian dalam penelitian ini adalah pada saat pembelajaran jarak jauh pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di lingkungan sekolah dasar Bumiayu sangatlah menurun, disebabkan guru tidak memberikan materi atau tugas yang mendalam terkait pelajaran SBdP, sehingga banyak anak Sekolah Dasar mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran seni budaya dan prakarya.
Copyrights © 2021