Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Vol 8 No 1 (2022): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton

Efektivitas Teknik Relaksasi Melalui Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Rasa Jenuh Belajar Daring

Wa Ode Husniah (Universitas Muhammadiyah Buton)
Maria Ulfa (Universitas Muhammadiyah Buton)
Winda Andriani (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat rasa jenuh belajar daring dan mendiskripsikan efektifitas teknik relaksasi dalam mengurangi rasa jenuh belajar siswa saat mengikuti proses belajar melalui jaringan internet. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre eksperiment dengan bentuk design one-group pretest-postes design. Penentuan sampel melalui teknik sampling purpossive dengan jumlah sampel 20 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pasarwajo. Analisis data yang digunakan, yaitu uji Wilcoxon. Hasil tes akhir yang dilaksanakan sesudah perlakuan teknik relaksasi melalui bimbingan kelompok, terjadi penurunan rasa jenuh belajar daring siswa. Dari hasil analisis uji Wilcoxon masing-masing pre-test dan post-test menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.002 < 0.05 atau (p<0.05), yang berarti rasa jenuh belajar daring siswa mengalami penurunan yang signifikan, sehingga disimpulkan teknik relaksasi efektif untuk mengurangi rasa jenuh belajar daring siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pasarwajo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pencerah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities: Arts and Humanities, Business Management, Hotel Management, Management, Tourism, Accounting, Decision Science, Education, ...