Journal of Management Review
Vol 5, No 2 (2021)

Pengaruh Relationship Marketing terhadap Customer Satisfaction pada PT BPR XYZ, Tangerang Selatan

Agung Tri Putranto (Universitas Pamulang)
Agun Sudrajat (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kondisi dan pengaruh relationship marketing yang dilakukan oleh marketing lending pada BPR XYZ, Tangerang Selatan untuk mencapai customer satisfaction. Jenis penelitian ini merupakan eksplanatori (explanatory research), yang bertujuan menguji antar variabel yang dihipotesiskan untuk membuktikan kebenarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan observasi menggunakan data primer berupa survei yang hasilnya adalah persepsi responden. Sampel akhir sebanyak 62 responden dari nasabah BPR. Hasil penelitian menjelaskan bahwa masing-masing kondisi relationship marketing dan customer satisfaction dinilai dengan persepsi nasabah yang baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,48 dan 3,52. Relationship marketing terhadap customer satisfaction memiliki kontribusi sebesar 10,7 persen dan menghasilkan pengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

managementreview

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of ManagementReview is a scientific journal in the field of management in widely spectrum broad but focus on management science that aims to accommodate for writers such as lecturer, students, researchers and practitioners to share their scientific experience both theoretically and ...