COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 1 (2022)

PEMBELAJARAN PEMAHAMAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PICTURE AND PICTUR

Euis Mulyasari (Ikip Siliwangi)
Hana Sakura Putu Arga (Ikip Siliwangi)
Deden Herdiana Altaftazani (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran IPA pada siswa kelas IV melalui pendekatan model picture and picture. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 085 Ciumbuleuit Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi IPA, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan model picture and picture. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,57 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 93,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 7,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...