COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 1 (2022)

Kajian Literatur Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa

Dewi Rahmawati (IKIP Siliwangi)
Pupu Pauziah (IKIP Siliwangi)
Rizky Sukma (IKIP Siliwangi)
Siti Sadiah (IKIP Siliwangi)
Yulia Indrianti (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur (library research) melalui kajian kepustakaan untuk memperkuat analisis dari berbagai sumber yang digunakan. Studi literatur dalam penulisan ini mengambil sumber data dari jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan terkait dengan model Cooperative Learning Tipe STAD dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri sumber data jurnal online pada Google Cendekia. Hasil yang penulis dapat dari penelusuran tersebut akan dipelajari kembali menggunakan prinsip deskriptif analitik. Berdasarkan hasil analisis data bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD membawa pengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan peningkatan yang berbeda-beda dalam setiap penelitian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...