Menyimak merupakan keterampilan bahasa pertama yang dimiliki oleh manusia dan modal awal seseorang  untuk berkomunikasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan blind ball terhadap keterampilan menyimak anak usia dini. Sampel dalam penelitian  berjumlah 24 siswa usia 5-6 tahun. Penentuan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quashi experimental.. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen menggunakan permainan blind ball adalah 83,33 dan rata-rata hasil tes kelompok kontrol dengan kegiatan konvensional adalah 73,43. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan kemampuan menyimak anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan permainan blindball. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan blind ball dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022