Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Vol 8, No 1 (2022): JTK Periode Januari 2022

Analisis Kualitas Website dan Kepuasan Nasabah Terhadap CMS (Cash Management System) dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0

Siti Marlina (Universitas Nusa Mandiri)
Bela Klaudia Pohwain (Universitas Nusa Mandiri)
Norma Yunita (Universitas Nusa Mandiri)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan hal penting untuk menjadi tolak ukur bagi perusahaan. Kantor Wilayah BRI Jakarta 1 ingin meningkatkan kualitas website yang ada sehingga nasabah semakin puas dan banyak melakukan kebutuhan transaksi perusahaan melalui website CMS (Cash Management System), namun sejauh ini Kantor Wilayah BRI Jakarta 1 belum mengetahui kekurangan dari website CMS sehingga membutuhkan evaluasi untuk mengetahui kualitas website dan tingkat kepuasan nasabah. Penelitian ini digunakan untuk mengevaluasi hubungan kepuasan nasabah dengan menggunakan metode Webqual 4.0. Populasi dan sampel penelitian diambil dari nasabah pada Kantor Wilayah BRI Jakarta 1 yang menggunakan website CMS dengan kriteria yang diambil yaitu bidang perusahaan, sudah berapa lama memakai CMS dan fasilitas yang digunakan. Kualitas website CMS (Cash Management System) secara keseluruhan berdasarkan nilai R² (Adjusted R Square) memberi sumbangan sebesar 72,8% terhadap kepuasan nasabah. Kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah sebesar 5,492, 4,521, dan 3,869 berdasarkan tabel uji t, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas website CMS dipengaruhi oleh variabel bebas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtk

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknik Komputer merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Robotika, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft ...