Pandemi covid 19 terjadi secara mendadak sehingga pembelajaran pada semua jenjang Pendidikan terjadi secara daring. Pembelajaran daring dilakukan tanpa ada persiapan guru dan siswa sehingga dilakukan dengan cara seadanya menggunakan media sosial dan learning management system. Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran daring dan luring pada matapelajaran biologi di SMU. Subyek penelitian adalah siswa seluruh siswa SMUN 1 Bojonegoro dengan sampel kelas XI yang berjumlah 105 orang. Sampling dilakukan dengan cara purposive sampling. Data hasil penelitian adalah nilai ulangan harian biologi saat melakukan pembelajaran daring dan luring. Analisis data dengan menggunakan analisis varians dua jalur berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar yang signifikans antara system pembelajaran daring dan luring, tidak ada perbedaan pembelajaran daring dan luring pada kategori kelas (rendah, sedang, dan tinggi), ada interaksi signifikans antara kategori kelas dan system pembelajaran terhadap hasil belajar biologi di sekolah menengah. Temuan menarik dari penelitian ini ada kecenderungan kelas rendah mempunyai mean lebih tinggi dari kelas sedang maupun tinggi pada system pembelajaran daring meskipun dari hasil uji varian tidak menunjukkan perbedaan. Ini menjadi peluang untuk penelitian lanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022