JURNAL BIOEDUCATION
Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Bioeducation

DISTINGSI HASIL BELAJAR BIOLOGI SISTEM DARING DAN LURING: STUDI DI SMUN 1 BOJONEGORO

Nur Wakhidah (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Dwi Wahyuni (SMUN 1 Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2022

Abstract

Pandemi covid 19 terjadi secara mendadak sehingga pembelajaran pada semua jenjang Pendidikan terjadi secara daring. Pembelajaran daring dilakukan tanpa ada persiapan guru dan siswa sehingga dilakukan dengan cara seadanya menggunakan media sosial dan learning management system. Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran daring dan luring pada matapelajaran biologi di SMU. Subyek penelitian adalah siswa seluruh siswa SMUN 1 Bojonegoro dengan sampel kelas XI yang berjumlah 105 orang. Sampling dilakukan dengan cara purposive sampling. Data hasil penelitian adalah nilai ulangan harian biologi saat melakukan pembelajaran daring dan luring. Analisis data dengan menggunakan analisis varians dua jalur berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar yang signifikans antara system pembelajaran daring dan luring, tidak ada perbedaan pembelajaran daring dan luring pada kategori kelas (rendah, sedang, dan tinggi), ada interaksi signifikans antara kategori kelas dan system pembelajaran terhadap hasil belajar biologi di sekolah menengah. Temuan menarik dari penelitian ini ada kecenderungan kelas rendah mempunyai mean lebih tinggi dari kelas sedang maupun tinggi pada system pembelajaran daring meskipun dari hasil uji varian tidak menunjukkan perbedaan. Ini menjadi peluang untuk penelitian lanjutan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi ...