Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman (JURIDIKSIAM)
Vol. 6 No. 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN

Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII SMPN 2 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019

Raudhatul Raudhatul (Universitas Mataram)
Hariyanto Hariyanto (Universitas Mataram)
Mabrur Haslan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMPN 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Mataram dengan jumlah 349 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 186 sampel yang di ambil dari masing-masing kelas VIII-A sampai dengan kelas VIII-J. Dalam menentukan sampel perkelasnya, digunakan teknik probability sampling dengan jenis proportional random sampling. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui tes inventori untuk mengukur tingkat kemandirian belajar yang telah di uji cobakan terlebih dahulu kepada 35 anggota populasi yang bukan sampel, dan untuk mendapatkan data prestasi belajar didapatkan dari nilai ulangan tengah semester. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Dari hasil analisis data yang diperoleh, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMPN 2 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019 demgan nilai Fhitung = 0,841 > Ftabel= 3,89. Tidak adanya pengaruh dituliskan dalam persamaan garis regresi, yaitu Óź= 75,192 + 0,78X. persamaan garis regresi ini menunjukkan apabila kemandirian belajar bertambah 1 satuan maka nilai prestasi belajar akan bertambah 0,78 dari kemandirian belajar ditambah 75,192 dari faktor lain.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

juridiksiam

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Telaah teori mutakhir dan hasil penelitian dan pengembangan tentang Kurikulum, Bahan Ajar, Metode/Model, Media, dan Evaluasi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora serta hasil telaah teori mutahir dan hasil penelitian substansi ilmu-ilmu sosial dan ...