Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 01 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

STRATEGI GURU PAI DALAM MEMBUDAYAKAN MEMBACA ALQUR’AN DI SMPN 13 REJANG LEBONG KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Nindia Nuraini (Unknown)
Arman Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Latar belakang penulis memilih judul ini adalah bahwa terdapat di SMPN 13 RejangLebong peraturan untuk membudayakan membaca Al-Quur’an. Penulis menemukanmasih banyak siswa yang mengobrol saat kegiatan membaca Al-Qur’an berlangsung,banyak yang tidak membawa Al-Qur’an dan juga siswa malas untuk membaca Al-Qur’an.Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi dan juga tidak ada sangsi yang tegas dan jugateguran yang tegas dari guru sehingga banyak siswa yang masih tidak perduli denganprogram membudayaka membaca Al-Qur’an.Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan penelitian kualitatif deskriptif untukmenggambarkan kejadian dilapangan melalui pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informankunci adalah Guru PAI SMPN 13 Rejang Lebong dan informan pendukung adalah KepalaSekolah dan Siswa Kelas VII. Dan untuk menjamin keabsahan data penulis menggunakn triangulasi data.Setelah penulis mengadakan penelitian, maka diperoleh hasil bahwa ada beberapa strategi yang digunakan guru PAI untuk membudayakan membaca Al-Qur’an di SMPN 13 Rejang Lebong. Strategi yang digunakan yaitu pembiasaan, keteladanan,perintah, dan pemberian tugas. Sedangkan kendala yang di hadapi guru PAI dalammembudaykan membaca Al-Qur’an yaitu rasa malas dari siswa, waktu, dan kurangnyakerjasama orang tua...

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...