Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. Spesial Issues 1 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING APLIKASI MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 BATANG KAPAS

Ravica Chania (Unknown)
Supratman Zakir (Unknown)
Iswantir (Unknown)
Wedra Aprison (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dapat dilihat pada hasil ulangan siswa kelas X MIPA SMAN 1 Batang Kapas ketika menerapkan pembelajaran campuran antara luring dan daring. Dengan demikian digunakan aplikasi moodle ketika menerapkan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan aplikasi moodle di kelas X MIPA SMAN 1 Batang Kapas tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Only Design. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X MIPA 1 dan kelas kontrol adalah kelas X MIPA 4. Berdasarkan hasil penelitian diketaui bahwa pengaruh penggunaan e-learning aplikasi moodle terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Batang Kapas lebih tinggi dibandingkan dengan pengaruh penggunaan e-learning tanpa aplikasi moodle. Pengolahan data terakhir melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Dari perhitungan hasil belajar t_{hitung}>t_{tabel}(3,0207>1,6711) dengan a=0,05 pada selang kepercayaan 95%, maka H_0\ ditolak dan H_1\ diterima artinya hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan e-learning aplikasi moodle terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Batang Kapas lebih tinggi dibandingkan dengan pengaruh pengaruh penggunaan e-learning tanpa aplikasi moodle.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...