Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. Spesial Issues 1 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMAN 1 KECAMATAN KAPUR IX

Livia Maylisa (Unknown)
Zulfani Sesmiarni (Unknown)
Supratman Zakir (Unknown)
Wedra Aprison (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor penting dalam pembelajaran dalam suatu pembelajaran. Blended Learning adalah Metode pembelajaran yang mencampurkan pembelajaran luring dan daring. Melalui observasi awal yang dilakukan penulis di SMAN 1 Kecamatan Kapur IX, diperoleh bahwa disekolah tersebut kemandirian belajar siswa masih rendah disetiap indikator, serta kurangnya ketelitian dalam menyimak penjelasan guru saat menerangkan pembelajaran dikelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran blended learning pada mata pelajaran TIK di SMAN 1 Kecamatan Kapur IX. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SMAN 1 Kecamatan Kapur IX. Populasi penelitian siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Kecamatan Kapur IX pada mata pelajaran TIK dengan sampel kelas XII IPA 1 sebanyak 28 orang, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kemandirian belajar siswa tentang pembelajaran blended learning. Angket diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menggunakan nilai Tingkat Capaian Responden (TCR). Berdasarkan hasil penelitian tingkat pencapaian responden dengan persentase sebesar 52,52% kategori pelaksanaan pembelajaran blended learning pada kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Kecamatan Kapur IX adalah negatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...