Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan

Perancangan Pembelajaran Menggunakan Animasi Flash Untuk Taman Kanak – Kanak ( TK )

M. Khaerudin (Universitas Bhayangkara Jakarta)
Abdul Qohar (Universitas Widyatama, Bandung)
Ewin Suciana (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Perancangan pembelajaran menggunakan animasi flash untuk anak taman kanak-kanak merupakan suatu proses dalam pembuatan program aplikasi pembelajaran interaktif untuk anak taman kanak-kanak. Dalam perancangan pembelajaran interaktif menggunakan animasi flash ini terdiri dari beberapa menu aplikasi diantaranya ; menu intro, menu utama, menu profil, menu pembelajaran yang terdiri dari menu abjad, angka, warna, hewan, buah dan menu keluarga, terdapat juga menu latihan seperti menu latihan abjad, angka, warna, hewan, buah, keluarga, menu info program dan menu exit. Hasil akhir dari perancangan pembelajaran ini, menghasilkan program aplikasi pembelajaran interaktif menggunakan animasi flash untuk anak taman kanak – kanak. Pengujian program aplikasi pembelajaran interaktif menggunakan animasi flash untuk anak taman kanak-kanak ini dilakukan melalui uji kelayakan hasil program aplikasi pembelajaran, metode yang digunakan dalam uji kelayakan hasil program aplikasi ini antaralain ; uji perseorangan ( individual try out ) untuk anak taman kanak – kanak, uji kelayakan materi pembelajaran yang melibatkan guru taman kanak – kanak dan uji kelayakan materi animasi yang melibatkan mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta. Hasil akhir dari uji kelayakan program aplikasi pembelajaran interaktif ini, diperoleh nilai rata-rata peserta dengan skor 90.5, sehingga mendapat kriteria nilai A, dengan kategori sangat memuaskan, jadi bisa disimpulkan bahwa program aplikasi pembelajaran interaktif menggunakan animasi flash ini sangat layak  digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak taman kanak - kanak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Other

Description

Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit adalah salah satu jurnal yang menghadirkan kajian dan penelitian tentang ilmu pendidikan yang hangat diperbincangkan saat ini dengan berbagai problematikanya. ...