Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan membaca Alquran memakai metode talaqqi memalui pembiasaan selama pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas 3 di SD Negeri Kambangsari Alian Kebumen. Penelitian ini adalah jenis penelitin tindakan kelas yang proses pelaksanaannya terjadi selama 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdapat 2 kali pertemuan pemberlajaran. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap rafleksi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes. Hasil tes pratindakan sesuai aspek yang diamati yaitu tajwid menunjukkan 40% dan makhroj 30%. Setelah melakukan tes pratindakan penelitian ini dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I. Pelaksaan siklus I menunjukkan adanya peningkatan rata-rata senilai 62,50% dengan persentase ketuntasan sebesar 78,85% namun, belum mencapai KKM oleh karenanya di perlukan adanya siklus II. Berdasarkan tes pelaksanaan siklus II mencapai peningkatan rata-rata senilai 80,35% dengan persentase ketuntasan sebesar 85,60%. Berdasarkan hasil dari penelitian sindakan kelas menyatakan bahwa kemampuan siswa meningkat setelah diadakannya penggunaan metode ini baik di siklus I dan II. Oleh karena itu, penerapan metode talaqqi berbasis pembiasaan dianggap berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Selain kemampuan membaca Alquran, hafalan-hafalan surat pendek siswa juga meningkat. Pedampingan orang tua selama kegiatan belajar di rumah juga menjadi faktor penting dalam peningkatan kemampuan membaca dan menghafal surat-surat dalam Al-Qur’an.
Copyrights © 2022