Phinisi Integration Review
Volume 5 Nomor 1 Tahun 2022

Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Motivasi Secara Parsial Terhadap Perilaku Berwirausaha Siswa

Andi Nurhasanah (Universitas Negeri Makassar)
Chalid Imran Musa (Universitas Negeri Makassar)
Anwar Ramli (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan motivasi secara parsial terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar; (2) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan motivasi secara simultan terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar. (3) Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 302 siswa yang terdiri atas siswa kelas X, XI dan XII pada Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) di SMK Negeri 1 Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan sampel yang berjumlah 75 siswa dari berbagai tingkatan kelas yakni kelas X, XI dan XII Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, serta kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan program SPSS 21 for windows Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan kewirausahaan dan motivasi secara parsial terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan kewirausahaan danĀ  motivasi secara simultan terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar; (3) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar adalah variabel motivasi yakni sebesar 63% .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...