Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni
Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni

INSTAGRAM: KONSTRUKSI IDENTITAS BUDAYA VIRTUAL MELALUI UNGGAHAN FOTO PARA INFLUENCER INDONESIA

Christanti, Maria Febiana (Unknown)
Cahyani, Intan Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2022

Abstract

ABSTRAKInstagram bukan sekedar media pertukaran pesan melalui foto atau gambar. Instagram memiliki peran penting sebagai media pengungkap identitas budaya individu dalan ruang virtual. Influencer sebagai pengguna aktif Instagram dengan banyak pengikut mengalami proses ini, karena realitas diri yang nyata terpisah dalam ruang virtual yang kemudian membentuk idenitas budaya baru. Konsep komunikasi antar budaya dan media baru digunakan sebagai perspektif dalam proses menganalisa temuan data. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan metode netnografi dengan mengobservasi unggahan foto lima influencer instagram populer  Indonesia. Hasil penelitian ini terungkap realitas bahwa terdapat tiga identitas budaya virtual yang dikonstruksi oleh para influencer antara lain a) kelas sosial ekonomi, (b) agama dan (c) keluarga. Rekomendasi bagi peneliti yang tertarik tentang studi identitas budaya virtual yaitu dapat memperkaya kedalaman data dengan melakukan penelitian para influencer  di medium YouTube.   ABSTRACTInstagram not only as a medium for deliver messages through photos or pictures but also as a medium that construct cultural identity in a virtual space. Influencers as an active Instagram user with a large number of followers do this process, because of the real reality of themselves is separated in a virtual space that construct a new cultural identity. The concept of intercultural communication and new media is used as a perspective in the analysis process. This study used a constructivist paradigm with a qualitative approach. Researchers used the netnographic method by observing photo uploads of five popular Indonesian Instagram influencers. The results of this study reveal the reality that there are three virtual cultural identities of the influencers:  a) socio-economic class, (b) religion and (c) family. Other researchers can enrich this study by doing research to YouTube influencers. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmishumsen

Publisher

Subject

Arts Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni (P-ISSN 2579-6348 dan E-ISSN 2579-6356) merupakan jurnal yang menjadi wadah bagi penerbitan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang Ilmu Sosial (seperti Ilmu Psikologi dan Ilmu Komunikasi), Humaniora (seperti Ilmu Hukum, Ilmu Budaya, Ilmu ...