Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 2 No 1 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Pratinuari, Karina (Unknown)
Sugiarto, Sugiarto (Unknown)
Pujiastuti, Emi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pendekatan Open-ended dengan model pembelajaran kontekstual berbantuan CD interaktif; (2) mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pendekatan Open-ended dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan CD interaktif dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang hanya menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan pengambilan sampel secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan individual, uji ketuntasan klasikal, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan Open-ended dengan model pembelajaran kontekstual berbantuan CD interaktif efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pokok luas permukaan dan volum tabung.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...