Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 5 No 1 (2016): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU FUN MATH BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII

Amalludin, Subuh (Unknown)
Pujiastuti, Emi (Unknown)
Veronica, Rahayu Budhiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Problem Based Learning berbantu Fun Math Book terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, diperoleh kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data meliputi metode tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi, dan uji ketidaksamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal lebih dari atau sama dengan 75% dari jumlah siswa di kelas, dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Problem Based Learning berbantu Fun Math Book efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...