Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 5 No 2 (2016): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI SEGIEMPAT

Palupi, Hanifah Raras (Unknown)
Suyitno, Hardi (Unknown)
Prabowo, Ardhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika materi segiempat dengan model pembelajaran Means­Ends Analysis dapat mencapai ketuntasan; dan apakah penerapan model pembelajaran Means­Ends Analysis lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori pada kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Means­Ends Analysis, dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan belajar individual, uji ketuntasan belajar klasikal, dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika materi segiempat dengan model pembelajaran Means­Ends Analysis mencapai ketuntasan; dan penerapan model pembelajaran Means­Ends Analysis lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori pada kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...