Unnes Journal of Mathematics
Vol 1 No 1 (2012)

PERAMALAN VOLUME PENJUALAN TEH 2 TANG DENGAN PROSES AUTOREGRESI DAN AUTOKORELASI

Hidayati, Nurul (Unknown)
Mastur, Zaenuri (Unknown)
Walid, Walid (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2012

Abstract

Penjualan merupakan kegiatan ekonomis yang umum, dengan penjualan sebuah perusahaan akan memperoleh hasil atau laba sesuai yang direncanakan atau memperoleh pengembalian atas biaya-biaya yang dikeluarkan. Untuk mengetahui hasil penjualan yang akan datang maka dilakukan suatu ramalan sehingga dapat dipakai sebagai acuan perusahaan tersebut. Dalam artikel ini akan dikaji peramalan volume penjualan teh 2 tang tahun 2010 dengan proses Autoregresi dan Autokorelasi pada CV Duta Java Tea Indonesia Adiwerna Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu data yang dikumpulkan data sekunder yang diperoleh dari catatan penjualan teh 2 tang di CV. Duta Java Tea Indonesia Tegal Tahun 2004-2010. Pengujian normalitas dengan menggunakan One-Sample Kolmogorov-Smirnov test terlihat pada nilai signifikan yang lebih dari 5% artinya H0 diterima, jadi data tersebut berdistribusi normal. Dengan persamaan tersebut, diperoleh ramalan volume penjualan teh 2 tang untuk bulan Agustus 2010 adalah sebesar 51.500 bal, bulan September 2010 sebesar 73.600 bal, bulan Oktober 2010 sebesar 90.800 bal, bulan November 2010 sebesar 104.200 bal, bulan Desember 2010 sebesar 114.600 bal. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa proses Autoregresi Autokorelasi dapat digunakan untuk meramalkan volume penjualan teh 2 tang pada CV Duta Java Tea Indonesia Adiwerna Tegal.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

ujm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics (UJM) publishes research issues on mathematics and its apllication. The UJM processes manuscripts resulted from a research in mathematics and its application scope, which includes. The scopes include research in: 1. Algebra 2. Analysis 3. Discrete Mathematics and Graph ...