Journal of Japanese Language Education and Linguistics
Vol 6, No 1 (2022): Februari

Karakteristik Interaksi Kegiatan Online Asynchronous Peer Response dan Face to Face Peer Response

Arianty Visiaty (Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Al Azhar Indonesia)
Mutiawanthi Mutiawanthi (Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Al Azhar Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2022

Abstract

Perkembangan teknologi akhir-akhir ini berpengaruh ke berbagai bidang termasuk pembelajaran bahasa Jepang. Pada bidang pengajaran bahasa Jepang, perkembangan ini salah satunya dirasakan pada kegiatan peer response atau peer review pada ketarampilan menulis bahasa Jepang. Dengan perkembangan TIK kegiatan peer response dilakukan melalui media teknologi internet atau disebut juga dengan online peer response. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kegiatan online asynchronous peer response dan face to face peer response dan lebih jauh lagi untuk menemukan model pengajaran menulis yang efektif di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan responden pembelajar bahasa Jepang di perguruan tinggi dengan kemampuan tingkat menengah, sebanyak 17 orang. Hasil penelitian ini adalah, ditemukannya perbedaan antara interaksi yang terjadi pada online asynchronous maupun face to face peer response. Interaksi pada face to face peer response lebih bervariasi dan aktif dibandingkan dengan online asynchronous peer response. Hal ini dapat disebabkan karena media online yang digunakan tidak tepat dan karena kemampuan bahasa Jepang untuk mengemukakan pikiran pada online asynchronous  peer response masih kurang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jjlel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Japanese Language Education and Linguistics (JJEL) is an online journal, open access peer review journal, published twice a year every February and August. This journal is for all contributors who are concerned with research related to the study of Japanese language education and Japanese ...