Program Penelitian ini dibuat dan dikembangkan bertujuan untuk mencapai kualitas pembelajaran siswa di masa pandemi Covid 19 melalui maksimalisasi kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran dengan pelatihan penggunaan pen grinder untuk menghasilkan prakarya. Proses penelitian pengabdian dilakukan secara langsung dengan protocol kesehatan untuk memperoleh data kualitas kreatifitas siswa di masa pandemi di saat pembelajaran tatap uka ditiadakan. Aspek yang dikembangkan 1) Memiliki rasa ingin tahu yang besar; 2) Tekun dan tidak mudah bosan; 3) Percaya diri dan mandiri; 4) Merasa tertantang oleh kemajemukan atau kompleksitas; 5) Berani mengambil resiko; 6) Berfikir divergen. Sasaran penelitian adalah sebagian siswa yang ditunjuk sebagai perwakilan kelas VIII SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan pada semester ini sebanyak 15 siswa. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah secara keseluruhan metode game online dan psikotest online ini memberikan kontribusi peningkatan kualitas tingkat kreatifitas siswa sebesar Rxy = 0,361 dengan p 0,05 sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa metode pelatihan penggunaan grinder secara signifikan memberikan kontribusi peningkatan kualitas tingkat kreatifitas siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021